Pengertian tag Atribut dalam HTML

HTML

Atribut adalah informasi tambahan yang diberikan kepada tag. Informasi ini bisa berupa instruksi untuk warna dari text, besar huruf dari text, dll. Setiap atribut memiliki pasangan nama dan nilai (value), dan ditulis dengan name=”value”. Value diapit tanda kutip, boleh menggunakan tanda kutip satu (‘) atau dua (“).

Contoh kode HTML:

<a href="http://www.kolor.com">sebuah link</a>

Pada kode HTML diatas, href=”http://www.kolor.com” adalah atribut. href merupakan nama dari atribut, dan http://www.kolor.com adalah value atau nilai dari atribut tersebut.

Tidak semua tag membutuhkan atribut, tapi anda akan sering melihat sebuah tag dengan atribut, terutama atribut id dan class yang sering digunakan untuk manipulasi halaman web menggunakan CSS maupun JavaScript.

HTML memiliki banyak atribut yang beberapa diantaranya hanya cocok untuk tag tertentu saja. Sebagai contoh, atribut “href” diatas hanya digunakan untuk tag <a> saja.

Kita bahas lebih lanjut

Cara Membuat link di HTML

Tujuan kata Hypertext dari HTML adalah membuat sebuah text yang ketika di-klik akan pindah ke halaman lainnya. HTML menggunakan tag <a>untuk keperluan ini.

Link ditulis dengan <a> yang merupakan singkatan cari anchor (jangkar). Setiap tag <a> setidaknya memiliki sebuah atribut href. Dimana href berisi alamat yang dituju (href adalah singkatan dari hypertext reference).

Agar lebih jelas, kita akan lihat menggunakan contoh. Silahkan buka text editor dan buat kode seperti dibawah ini.

Contoh penggunaan tag link <a>:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <title>Penggunaan Tag</title>
</head>
<body>
  <h1>Belajar Tag Link</h1>
  <p>coba buat 
  <a href="http://www.kolor.com">link</a></p>
</body>
</html>

Alamat Absulut dan Alamat Relatif

Pada contoh diatas kita menuliskan alamat link secara lengkap dengan bagian “http://www.”. Penulisan seperti ini disebut juga dengan external link, yang berarti kita membuat link ke alamat lain di internet, atau lebih dikenal dengan: alamat absolut.

Alamat absolut adalah penulisan alamat file dengan menyertakan nama website, seperti: href=”http://www.kolor.com/kendor.html”, atau href=”http://www.mesem.org”.

Namun jika kita ingin membuat link di dalam situs yang sama, maka tidak perlu menyebutkan alamat lengkap tersebut. Tetapi cukup mencantumkan alamat file yang dituju relatif kepada file saat ini. Jenis alamat ini disebut alamat relatif.

Sebagai contoh alamat relatif, apabila kita ingin membuat link kepada file.html pada folder yang sama dengan file saat ini, maka atribut hrefnya, berisi: href=”file.html”. Berikut adalah kode HTMLnya:

Contoh penggunaan tag link <a> untuk alamat relatif:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <title>Penggunaan Tag Link</title>
</head>
<body>
  <h1>Belajar Tag Link</h1>
  <p>Halaman HTML lain <a href="file.html">file</a></p>
</body>
</html>

Alamat absolute ditulis dengan lengkap, seperti http://www.kolor.com, atau jika kita merujuk kepada halaman tertentu, menjadi http://www.kolor.com/kendor.html.

Alamat relatif maksudnya adalah relatif kepada file tempat kita memanggil link ini. Seandainya nama file kita adalah sarung.html, dan dalam folder yang sama terdapat halaman bolong.html, kita dapat menggunakan href=”bolong.html” untuk membuat link ke halaman bolong.html.

Jika file tersebut berada di dalam folder file yang untuk menyimpan html misalkan ketoprak, maka alamat relatifnya menjadi href=”ketoprak/bolong.html”. Namun bagaimana jika halaman tersebut berada 2 tingkat di luar folder saat ini? Kita dapat menggunakan href=”../../bolong.html”, untuk naik 2 folder diatasnya.


Atribut tag <a>: target

Atribut penting lainnya dari tag <a> adalah target. Atribut ini digunakan untuk menentukan apakah link yang dituju terbuka di jendela browser saat ini, atau terbuka di jendela baru.

Secara default, setiap link yang kita tulis akan terbuka pada jendela yang sama (menimpa halaman web saat ini). Tetapi apabila kita ingin halaman tersebut terbuka pada tab baru, gunakan atribut target=”_blank”.

Contoh penggunaan tag link <a> dengan atribut target:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Penggunaan Tag Link </title>
</head>
<body>
<h1>Belajar Tag Link</h1>
<p>Saya sedang belajar tag atribut html <a href="http://www.kolor.com"
target=”_blank”>kendor</a> dan akan dimuat di tab baru</p>
</body>
</html>

Jika kita men-klik link tersebut, maka halaman kolor.com akan terbuka di tab baru dengan tidak menimpa tab saat ini.

Selain digunakan untuk menghubungkan halaman HTML, Tag <a> juga bisa digunakan untuk dihubungkan ke bagian lain dari halaman yang sama, atau disebut Internal Link. Cara pembuatan internal link adalah dengan membuat link berisi atribut id dari tag lain. Untuk lebih jelasnya, akan kita bahas pada tutorial HTML Lanjutan: Cara Membuat Internal Link ke Bagian Lain Dokumen (atribut id).


Semoga bermanfaat untuk pembahasan kali ini...

Link aktif dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">...KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan script, gunakan <i rel="pre">...KODE SCRIPT ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">...URL GAMBAR ANDA ...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">...JUDUL ANDA...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">...CATATAN ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>...TEKS ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>...TEKS ANDA...</i>

Konversi KodeOOT:)
:) :( =( :wa: :s ^_^ :D =D ^:D @@, ;) :-bd :-d :ya: :'( T_T :\ :p B) :Q :Ozz 7:( \o/ **p
Jika anda memiliki bahasan atau topik lain yang sama sekali tidak ada hubungan dengan tutorial diatas anda bisa menyampaikannya di halaman OOt. klik [link ini] untuk membuka halaman OOT.
Terima kasih telah berkomentar
Back to Top
Loading...