Cara mudah memasang forum di blog

Trik

Instalasi Forum di blog BlogSpot tampaknya menjadi tugas terbilang sulit. Karena, semuanya di bawah kontrol Google. Oleh karena itu, akan sangat sulit untuk menjadi admin di forum pihak ketiga. Namun, ketika kita mengalami masalah kita juga akan menemukan solusinya. Cara ideal untuk menginstal sebuah forum di blogger adalah dengan menggunakan fasilitas "Google Grup". dengan fasilitas Google Group kita tak perlu susah - susah mencari/butuh hosting seperti membuat forum dengan pihak ketiga, bahkan terlebih lagi harus membayar.

Keuntungan dari Google Grup:

Bebas Hosting: Saya hampir tidak pernah melihat Forum yang memberikan hosting gratis. Keuntungan terbesar menggunakan Google grup adalah bahwa ia tidak memerlukan hosting. Anda hanya harus membuat Group dan menanamkan ke website/blog Anda.

Gratis untuk di Gunakan: Tidak perlu membayar apa-apa karena Google Group adalah benar-benar bebas biaya.
    
Sangat Fleksibel: Platform ini memiliki pilihan yang berbaur yang memungkinkan webmaster untuk menyesuaikan sesuai dengan kebutuhannya.

Langkah # 1: Membuat Grup di Google:

Sebelum anda membuat grup di Google anda harus memiliki Akun Gmail. untuk anda yang belum memiliki, silahkan daftar terlebih dahulu.

Lalu Pergi ke https://groups.google.com/forum/?fromgroups#!Myforums dan dari menu navigasi pilih "Buat Grup". Lihat screenshot di bawah ini untuk bantuan lebih lanjut.


Sekarang formulir akan meminta rincian. Jangan bingung karena saya akan menjelaskan setiap area teks sehingga anda bisa mengisinya tanpa menghadapi masalah apapun. Perhatikan hal berikut.


Nama Group: Di sini kita akan masukkan nama untuk grup. Hal ini sepenuhnya tergantung pada anda ingin memberi nama apa. Ingat: Kita bisa mengubah nama kapan saja dari panel pengaturan.

Alamat Email Grup: Di sini kita akan memilih alamat email serta URL Forum. Sebagai contoh, jika kita menulis "DefriBlogForum" di area teks itu akan memberikan kita sebuah email gratis yaitu defriblogforum@googlegroups.com serta URL yaitu https://groups.google.com/forum/embed/?place=forum/defri-blog-forum.

Diskripsi Grup: Tulis sesuatu tentang forum Anda, seperti anda ketika menambahkan deskripsi dalam blog anda. Ini akan membantu mesin pencari. Selanjutnya, pengunjung akan dapat memahami tujuan utama dari ini.

Bahasa Grup: ini adalah bahasa untuk seseorang dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Namun, kita biasanya pilih English (USA) yang merupakan bahasa standar di seluruh dunia.

Tipe Group: Sekarang ini adalah hal yang paling signifikan. Ada tiga pilihan yaitu Daftar Email, Web Forum, Q & A Forum. Sejak, saya menciptakan sebuah forum online. Oleh karena itu, kita akan memilih "Web Forum". Namun, anda pun dapat memilih pilihan lain itu tergantung pada kepentingan anda.

Sekarang setelah semuanya dilakukan. Pilih "Buat grup" tombol hadir di bagian atas halaman. Sekarang Anda akan dapat melihat pemberitahuan, "Selamat, grup Anda dan siap untuk digunakan".

Langkah # 2: Memasang Google Grup di Blogger:

Jujur, ini adalah bagian termudah dari seluruh tutorial. Hanya login ke account Blogger Anda dan pergi ke Blogger >> Buat laman baru >> dari editor posting blogger pilih Tab Edit HTML dan paste kode berikut di dalam Kotak HTML. Ingat: Jangan lupa untuk mengganti "defri-blog-forum" dengan alamat email kata kunci yang anda buat di langkah sebelumnya yaitu defriblogforum@googlegroups.com.



<iframe frameborder="0" height="500px" id="forum_embed" scrolling="no"
src="javascript:void(0)" width="100%">
<br />
</iframe>
<script type="text/javascript">
document.getElementById("forum_embed").src =
"https://groups.google.com/forum/embed/?place=forum/defri-blog-forum" +
 "&showsearch=true&showpopout=false&parenturl=" + encodeURIComponent(window.location.href);
</script>

Selanjutnya: Sekarang publikasikan halaman dengan menekan tombol "Publish". dan lihat hasil halaman, forum web/blog kini ada di blogger Anda.

Note: Perlu diingat, semua pengaturan Admin dapat dilakukan melalui https://groups.google.com/forum/?fromgroups#!myforums

Semoga berguna.....

7 komentar


Link aktif dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">...KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan script, gunakan <i rel="pre">...KODE SCRIPT ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">...URL GAMBAR ANDA ...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">...JUDUL ANDA...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">...CATATAN ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>...TEKS ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>...TEKS ANDA...</i>

Konversi KodeOOT
:) :( =( :wa: :s ^_^ :D =D ^:D @@, ;) :-bd :-d :ya: :'( T_T :\ :p B) :Q :Ozz 7:( \o/ **p
Jika anda memiliki bahasan atau topik lain yang sama sekali tidak ada hubungan dengan tutorial diatas anda bisa menyampaikannya di halaman OOt. klik [link ini] untuk membuka halaman OOT.

Back to Top
Loading...